PDA

View Full Version : Surf Fishing



buntal_boy
12-09-2005, 10:44
dear anglers

untuk surf fishing bagaimana spesifikasi peralatan untuk :

1. Panjang Joran
2. tipe Joran (Teleskopik atau one/two Pieces)
3. Reels
4, Kenur
5. Rangkaian Kail (Pakai pelampung???)
6. Tipe Timah
7 Umpan(Hidup atau buatan)

terima kasih atas bantuan teman-teman

irwan

AngleRboY
12-09-2005, 15:47
:-D mau mulai surf fishing yahh..
mas rookie, saya coba jawab nih. blm tentu betul emua lhoo..

1. Panjang Joran = biasanya 12ft, bisa 13ft n so on.. (kira2 4 meter an)

2. tipe Joran (Teleskopik atau one/two Pieces) = teleskopik tidak disarankan karena tidak terlalu kuat. contoh Shimano holiday spin, itu cocok utk light fishing aja. mendingan yg 2 atau 3 piece. utk 3 piece, japanese rod not bad tuh.. :D

3. Reels = mau yg overhead atau spinning nih? klo spinning, cari spool yg lebih besar supaya bisa menampung lebih banyak line.

4. Kenur = utk casting practice (tanpa umpan) 0.28mm. utk mancing (pakai umpan) 30-40lb

5. Rangkaian Kail (Pakai pelampung???) = 1-2 kail cukup. bisa pakai pelampung tp biasanya pakai timah alias bottom fishing.

6. Tipe Timah = timah agak lonjong, berat antara 3-6 oz

7. Umpan(Hidup atau buatan) = buatan/lure/popper sepertinya ngga deh.. capek tau :!: hehee umpan hidup dan mati. biasa udang, cacing, cumi, ikan tembang/kembung dll.. hidup ataupun mati.

ini yg biasa saya pakai lho yahh.. mungkin yg lain bisa membenarkan atau menambahkannya.. :wink:

buntal_boy
13-09-2005, 09:20
terima kasih pak anglerboy(maaf tdk tahu real namenya), saya akan coba saran bapak, untuk pemula yang lain ini informasi bagus nih :lol: ,thx ya pak

Lodewijk
13-09-2005, 10:21
:D
Boleh saya menambahkan ?

1&2. Panjang disesuaikan dengan kebiasaan/kenyamanan. Saya biasa pakai joran teleskopic, dengan alasan ringkas, mudah dibawa. Untuk kekuatan memang untuk yang 2/3pcs lebih menjanjikan. Tetapi untuk teknologi sekarang ini, type teleskopic sudah luar biasa kuat, untuk menghadapi ikan up to 50kg-pun masih bisa ! Coba check di http://www.plat.co.jp/english/surf/top.htm
Saya punya Surf Leader 425 CX-T, ini saja saya sudah puas. Apalagi yg Spin Power 425 AX-T yg 62.000 yen ! :shock:

3. Umumnya pakai type spinning.

4. Saya pakai minimal 60lbs. Karena untuk daerah Selatan banyak karang, jadi butuh kenur agak besar dengan tujuan lebih tahan manghadapi gesekan karang.

5. Tergantung ikan targetnya. Kalau mau memburu monster yah cukup satu mata kail. Bisa pakai pelampung, timah dan tidak pakai apa-apa. Yang terakhir ini sering mendapatkan jackpot. Hanya rangkaian leader dan pancing saja, tanpa pemberat dan pelampung. Kita lemparkan dan di ulur sebentar, terus dibiarkan saja umpan (biasanya banyar utuh) melayang-layang.......

6. Type yg paling cocok untuk yg banyak karang (seperti di Selatan) timah bulat. Berat disesuaikan dengan berat umpan dan kapasitas rod.
Kalau di tempat yg berpasir dapat ditambahkan semacam 'jangkar' dari kawat pada timah-nya.

7. Kalau punya kedua-duanya, harus di coba semua. Pertama umpan buatan dulu yg diturunkan, kalau tidak ada sambutan baru umpan alami.

Semoga membantu....

buntal_boy
13-09-2005, 11:05
terima kasih pak lodewijk (maaf tdk tahu real namenya), informasi bapak menambah juga wawasan saya mengenai surf fishing dan yang paling menarik adalah tanpa timah dan pelampung, dapat JACKPOT...... :lol: , yang paling bagus pantai tipe apa ya pak....di anyer carita banyak pantai yang berkarang dan ada yang berpasir, dengan kontur landai dan tiba-tiba dalam sehingga arus ke pantai lebih kecil dari arus balik (makanya banyak orang kesedot..), pertanyaan saya Pantai karang pasti sering nyangkut dan pantai tanpa karang apa ada ikannya??, karena ikan suka ditempat yang ada karangnya...thx atas jawabannya

AngleRboY
13-09-2005, 12:57
Mas Rookie, Namaku Ary.. umur baru 20thn!! so, ga ada istilah "bapak2an" deh yah, ok? :evil: heheee.. :-D

Om Lod, kapan nih kita uji kemampuan distance casting..? ehhehee.. ajarin donk biar bisa dapet tuh jackpot ikan yg anda post di fishingkaki.. anywae, anda ganteng jg lhoo :-D

Lodewijk
13-09-2005, 12:59
:D
Sama-sama pak Irwan. Memang untuk menentukan pantai yg bagus tidak mudah. Pernah saya lihat pantai yg menurut saya ideal sekali, tetapi dari sore sampai malam (kira2 jam 20.00) hanya dapat satu ikan merah tidak sampai sekilo. Ternyata sebentar lagi saya melihat ada perahu yang 'ngompres'....! :x 'Ngompres' adalah istilah lokal untuk orang yg mencari ikan/lobster dengan cara racun/spear gun di dalam air dengan menggunakan kompressor udara dan selang untuk bantuan pernafasan.

Memang pak, kalau pantai berkarang itu gampang nyangkut. Tetapi biasanya yg banyak sangkutannya itu malah lebih banyak ikannya. Mungkin jarang orang mau mancing disitu kali yah ? Kalau mancing di pantai yg berkarang, saya selalu datang sore-an. Lalu naik ke tempat yg tinggi untuk melihat 'aluran'. Sehingga kalau hari sudah gelap kita bisa tahu alurannya ada dimana.

Pantai yg berpasir juga ada ikannya pak. Hanya sebagian besar jenis ikannya berbeda, seperti Nurse Shark, Shovelnose Shark, Stingray, terkadang GT, Dart fish, Giant Threadfin, dsb.

SEIHOMARU
13-09-2005, 13:06
pak Lod,kalau di jatim daerah mana ada yang bisa buat surf fishing?kalau bisa yang berpasir aja supaya tidak nyangkut :-D

AngleRboY
13-09-2005, 13:26
pak Lod,kalau di jatim daerah mana ada yang bisa buat surf fishing?kalau bisa yang berpasir aja supaya tidak nyangkut :-D

mas Freddy, di Pelabuhan Tj.Perak coba cast sampai melewati kapal kargo hihihiii.. :-D

iya nih Om Lod, bagi donk spot2nya.. :wink:

SEIHOMARU
13-09-2005, 13:36
hehe,mancing kapal itu namanya bukan mancing ikan,abk kapal jago2 lho castingnya tapi tidak pake rod,langsung pake tali tampal plastik kecil ukuran 4mm hehehe,kalau kapal mau merapat ke dermaga mereka harus lempar tali tampar kecil ke dermaga dengan jarak sekitar 100meteran,tali kecil itu di ikat dengan tali buat sandar.

buntal_boy
13-09-2005, 14:25
apa saya ngak salah pak, nelayan ada yang memakai racun untuk menangkap ikan dengan peralatan yang seperti bapak descripsikan, saya juga pernah melihat di sekitar karang putri PLTU ancol ,nelayan seperti itu, dengan kompresor udara.....apa racun itu bisa mencemarkan air dan berpengaruh pada ekosistem yang ada....karena saya melihat disekitar kapal yang membawa kompresor tadi banyak ikan mati baik kecil atau sedang......saya pikir karena hal lain.....

willy
13-09-2005, 20:14
:-D Berminat Surf Fishing di daerah Kebumen?

Peralatan yg dipakai Joran teleskopik 3-3,5 mtr + kenur dengan diameter 0.33 s/d 0.35 dengan tujuan cast sejauh mungkin. Umpan buatan dengan nama lokal "Meteor", sejenis pensil sepanjang 9-11 cm dengan berat 40-50 gr atau umpan bulu berwarna putih. Target ikan Kuro / Bandeng laki dan GT.

8) Jika di pantai Karang Bolong yang berada disebelah Timur, tehnik ini dilakukan dari atas karang ( Rock Casting ). Di Pantai Ayah kurang lebih 7 km dari Gua Jatijajar yg terkenal itu. Cara ini dilakukan dengan berendam ( ngoyor / wading ) sedalam dada sampai sebatas hidung.

Biasanya mulai dari jam 4 sore sampai gelap, jadi kalau Strike GT siap-siap aja berendem ampe malam. Bayangin aja GT 8 - 12 kg diajar pakai line kelas 12 - 14 lb, kalau kuro paling berkisar dari 1,5 s/d 4 kg saja 5-10 menit saja sudah bisa didaratkan.

Jika GT yg memakan umpan, kita harus melakukan pengajaran sambil mundur ketempat yg lebih dangkal paling tidak sejauh 30 mtr karena pantai disini cenderung landai. Tipikal GT di pantai berpasir sering bertahan di ombak yg pertama dan tidak terus berenang ketengah, hanya berenang ke kanan dan kiri saja. Tetapi tetap tidak mudah dikalahkan, menambah tekanan drag riskan jika kenur yg dipakai 12 lb ( mungkin akan berbeda jika menggunakan PE 3 ).

Memancing cara ini banyak kesan dari yg digulung ombak sampai kepinggir atau reel / joran patah. :oops: Sampai saya sendiri pernah hampir tersedot arus ketengah, untung saja masih bisa Login di Fishy forum ini.
Berani mencoba? :-D

gelbschwanzmackerele
13-09-2005, 22:07
Om Willy,

Sound interesting!!! Kapan musim mancing kuro atau GT di Kebumen??? :lol:

buntal_boy
14-09-2005, 09:10
wah seru juga nih.....kalau ketarik ama GT gede...bisa-bisa kita yang jadi umpan...he...he...he.................. :-D .trus brendam sampai hidung, yang kelihatan cuma mata sama rambut..........he..he :lol:

SEIHOMARU
14-09-2005, 10:55
kalau berendam sampai sebatas hidup berarti reelnya terendam air donk,kena tarik GT 15kg pasti ngikut dah ditarik ikannya :D

buntal_boy
14-09-2005, 11:30
saya aja pernah coba mancing malam sebatas lutut aja sudah ngeri udah dingin banget, gelap heeee...ngeri :oops: , takut tiba tiba ombak gede, bisa kegulung-gulung mau dapat ikan GT malah "Gagal Total"he....he...he :-D :-D :-D

Lodewijk
14-09-2005, 13:09
:-D
Betul sekali. Mancing dengan cara 'ngoyor' (wading) di daerah pantai Selatan seperti yg disarankan oleh p. Willy itu sangat berbahaya. Tidak disarankan untuk pemula, apalagi sendirian tanpa ditemani oleh yg sdh berpengalaman. Itupun sangat disarankan mengambil 'diving license' dahulu di PADI atau CMAS dan memakai snorkel atau SCUBA sekalian ! :-D

AngleRboY
14-09-2005, 14:35
Om Willy :-D ,

Saya berkeinginan utk mancing di daerah sana nih, seperti Menganti dan sekitarnya.

Dulu saya pernah mancing di daerah pantai karang bolong tp ngga dapet apa2. saya pakai umpan "yutuk", pasti tahu donk? :D kawan saya yg sering mancing disana pernah bbrp kali dapat pari dan ikan "comalan". ngomong2, apa sih bahasa indonesianya ikan "comalan"? soalnya saya ngga pernah liat langsung, hanya berbicara melalui telepon saja.

Mas Willy pernah mancing di daerah pantai petanahan? dengar2 bakal ada lomba tuh bulan depan.. ngga tau jadi apa ngga deh.

Oh iya, klo di pantai karang bolong, memangnya bisa dapat GT pakai pencil/popper? mancingnya dr mana, pantai pasir atau rock platform?
apa perlu wading??? nah klo pakai umpan udang/ikan mati kira2 bisa dapat ikan apa?

maaf banyak nanya nih.. maklum, emang lagi "napber" pengen ksana.

*napber = Napsu Berat :-D

buntal_boy
15-09-2005, 08:52
saya pernah lihat di pantai, ada beberapa pemancing memakai Joran Teleskopic puanjang banget.......dan beberapa ada yang hanya memakai kenur saja.............sebenarnya ikan ada ngak sih, atau minimum berapa meter dari pantai ikan sudah ada ya??

yellowfin
15-09-2005, 10:52
:) Mas Rookie,

Ikan itu ada dimana-mana, jangankan di pantai.. di carefour aja ada 8)

Orang awam berpikir ikan itu adanya di tempat yg jauh dan dalam.. sebetulnya gak perlu begitu, justru tempat pertemuan arus, pecahan ombak, ceruk kecil di pantai ..itu sering diabaikan padahal di sini predatory fishes sering menunggu mangsa yg tersapu arus/ombak dari pinggir...

Sebelum mancing, ada baiknya kita memakai sedikit pengetahuan dan mengenali target ikannya dulu dari situ baru kita bisa mengamati dan pelajari kira-kira ikan di daerah sasaran itu jenis apa? jam makannya kapan, umpan alaminya apa? bisa ditiruin gak dengan lure buatan? dsb dsb ... ikan-ikan yang hidup/mencari makan di daerah pantai baik yang berpasir/karang itu bermacam-macam. Mereka mempunyai daerah teritori dan jam-jam mencari makan yang sangat spesifik dan berubah-ubah seiring dengan waktu pasang-surut. Gak mungkin kan paus bongkok cari udang di pantai saat surut :wink: ..jadi adakan pengamatan dan kenali daerah anda. Setelah tahu potensi dan peluang, kembangkan naluri berburu! manusia itu gak beda jauh dengan hewan predator instingnya. Pilih alat yang sesuai (sesuaikan anggaran), umpan yg cocok (sesuaikan situasi) dan waktu yg tepat.

pengetahuan, pengamatan, kesabaran dan sedikit keberuntungan bila dicampur jadi satu itu fatal akibatnya buat ikan.

Mari sedikit pintar :wink:


Regards - Tony

buntal_boy
16-09-2005, 09:38
bener pak di Carrefour ada..... :-D :-D saya denger banyak tenggiri juga tuh pak :-D :-D ...koordinatnya berapa pak...he..he..he :-D :D :lol: ...becanda pak......

memang ikan susah ditebak....istilah nelayan ikan kan ngak diikat jadi nglayap kemana saja ya pak... :-D

menurut saya acuan pasang surut ada benarnya juga, karena saya pernah baca dimajalah mancing, ikan agak malas makan kalau ngak ada arus

willy
18-10-2005, 18:41
:D Mas Ary, yutuk atau Undur-undur laut memang umpan utama untuk daerah Karangbolong khususnya daerah Petanahan, Parangtritis, Pantai Bocor-Kebumen atau hotspot yg berupa pantai berpasir.

:-D Binatang ini gampang ditemui, tepatnya ditepi pantai yg masih dijangkau pecahan ombak. Tinggal digali menggunakan cangkul atau cukup dengan menggunakan tangan saja, asal rajin gali sana-sini pasti dapat. Benar-benar murah meriah soalnya umpan kita tidak beli sama sekali dan bisa dibawa pulang bagi yg doyan trus digoreng. Rasanya hampir seperti udang, hanya saja jika kita makan agak banyak kepala biasanya jadi pusing.

Yutuk yg paling bagus adalah Yutuk yg sedang berganti kulit atau istilah lokalnya " NGGEMBURI ", untuk mendapatkan Yutuk ini dibutuhkan sedikit keahlian. Seringkali Yutuk yg sedang berganti kulit berada agak keatas kepantai yg masih basah tapi tidak terlalu sering dijangkau pecahan ombak. Apabila kita mau sedikit berbasah-basah, sebentar saja kita bisa mendapatkan Yutuk dalam jumlah banyak. Hanya saja yg ditemui biasanya cangkangnya keras, dan kurang bagus untuk dijadikan umpan.

:o Memancing di pesisir seperti didaerah Petanahan & Parangtritis, kita dituntut pintar-pintar mencari lokasi yg dikenal sebagai "Lebeng". Biasanya lokasi ini mempunyai ciri khas ombaknya tidak memecah dan jika kita melemparkan umpan akan tertarik ke tengah. Kadang kita berasumsi semakin jauh kita melempar umpan ketengah, kemungkinan strike akan lebih besar dan ikan yg memakan umpan lebih besar.

Padahal seperti apa yg dikatakan mas Tony kadang ikan besar keluyuran sampai ke pinggir terutama waktu pasang tinggi.
Jika tidak ada strike, biasanya pemancing berpindah ke Lebeng selanjutnya yg kadang berjarak 20 meter kadang 100 meter. Bayangin aja panas-panas jalan diatas pantai pasir. Kadang ada juga yg lebih senang memancing malam hari untuk menghindari panas matahari.

Ikan yg menjadi target biasanya jenis Kue, Pari, Camalan ( bentuknya mirip dengan talang-talang dengan bintik disamping badan hanya saja badannya bulat seperti bawal ) dan Mamung / Gato ( istilah Yogya ) bentuknya seperti bawal warna kekuningan dengan berat mencapai 6-7 kg.

Agar bisa mencapai lemparan yg maksimal digunakan joran dengan panjang 4-5 meter dengan kenur diameter 0,40.

AngleRboY
19-10-2005, 14:33
Mas Willy,

trima kasih atas masukannya..
ngomong2, bbrp minggu yg lalu mas Heru dapat GT 27,5Kg yah di Menganti? mana donk fotonya..?? :D

Pak Djupri
05-05-2007, 14:17
Kalau mau surf fishing coba saja ke Yogyakarta. Bisa dicoba rock casting juga.
Banyak sekali spot mancing diselatan Yogyakarta.
Dari PPI Sadeng Sampai Parangtritis utk rock casting.
Parangtritis sampai pantai selatan Purworejo juga potensial untuk surf fishing ( pantainya berpasir).
Dulu waktu saya sekolah di yogya saya beberapa kali mencoba.
Kalau sekarang mungkin bisa hubungi MINO Pancing di Yogya untuk informasi yang lebih akurat.

The Old Man and the Sea
07-05-2007, 07:03
:-D
Betul sekali. Mancing dengan cara 'ngoyor' (wading) di daerah pantai Selatan seperti yg disarankan oleh p. Willy itu sangat berbahaya. Tidak disarankan untuk pemula, apalagi sendirian tanpa ditemani oleh yg sdh berpengalaman. Itupun sangat disarankan mengambil 'diving license' dahulu di PADI atau CMAS dan memakai snorkel atau SCUBA sekalian ! :-D

Kalau harus ngoyor seperti itu mungkin perlu dipertimbangkan selalu pakai jaket penyelemat (mingkin kurang nyaman!) atau sekalian ikatkan tali panjang di pinggang yang diujungnya diikat di pohon atau dibemper mobil. Tapi kalau ada tsunami ya mobilnya juga ikut terseret! Ha, ha, ha!