PDA

View Full Version : kondisi air di cirata



fisherJunky
13-08-2007, 15:56
tgal 16-19 sya mau mancing di cirata,tepatnya daerah ciangsana kalo ada yang tau sekarang kondisi air disana lagi tinggi apa engga ya ...? ? ?
terus ikanya lagi pd galak gak yah? ? ?

soalnya terakhir kali mancing disana airnya lagi surut banget sehingga sulit untuk mancing sampai2 para pengusaha jala terapung harus menarik jalanya sampai ke tengah karena tempat yg biasa'n tertutup air sekitar 7-8m saat itu sudah menjadi kebun warga . . .

kalo ada yang punya info ya . . .

thank's

candra
13-08-2007, 21:12
Pak Alfa,

Saya belum pernah mancing ke daerah Ciangsana, secara umum sekarang2 ini kondisi untuk mancing sudah mulai membaik, nila dan bawal sudah mulai main. (update minggu kemaren saya turun mancing)
Permukaan air sudah turun berada di level medium (belum sampai pada titik minimum).

Sepengetahuan saya, waktu permukaan air di level terendah adalah masa2 yg terbaik untuk mancing di Cirata, karena ikannya lebih terkonsentrasi, tinggal cari spot yang tepat saja.
Sedangkan waktu level air puncak, permukaan air menjadi sangat luas, hingga ikannya tersebar. (atau kemungkinan besar ikan bersembunyi di tempat yg tdk memungkinkan untuk dipancing misalnya disekitar tanaman duri yg terendam air) ini hanya gambaran secara umum lho pak.

Hampala juga biasanya banyak muncul kala level air minimum.

Silakan kalau ada yg mau menambahkan.

fisherJunky
15-08-2007, 08:30
pagi pa candra . . .
Utk daerah ciangsana dekat dgn daerah tangga, dari tmpt biasa para pemancing naik bargas langsung ke lembah arah barat . . . spot disana persis seperti yg pa candra gambarkan, tetapi apa bila keadan air sedang surut banget jarak terdangkal dari permukan air sampai di 5-6m,jd gak ada tempat yg dalmnya pas kira2 2 - 3,5m . . .:confused::confused::confused:

a_dewa
16-08-2007, 16:09
Kemarin tanggal 10 agustus saya ke cirata paks, via ciranjang, mande. Airnya sedang surut abis. Info tukang perahu, surutnya lebih dari 8 meter dibanding level air normal. Ikannya di tengah (keramba) sepi banget. Umpan lumut dan geleng (pelet) gak ada yang nyentuh. Diteger dari malem sampai pagi sepi-sepi aja tuh, walaupun udah pindah spot berapa kali.
Setelah ke pinggir, disemak-semak, baru rame ikannya. ada bawal (5 jarian), Mujair marinir (4 jarian) dan Red Devil (6 jarian). Umpannya cuma pake cacing. Saking ramenya, bawa cacing 6 bungkus sampe habis semua. Tapi target utamanya, mujair nila gak kena.
Selamat mencoba dech pak. Cuman kalau bisa coba bawa udang hidup (udang air tawar) sama "poa". Kayaknya umpan tersebut lebih tepat dibanding lumut, pelet atau cacing.