PDA

View Full Version : Baitcasting reel



Chichi
21-09-2005, 20:53
Assalamu alaikum.

Salam kenal semua :D saya Ahmad, pemula ingin belajar mancing sekarang ini saya tertarik dg surfcasting dan belum lama ini saya membeli peralatan mancing (bekas tetapi kondisi masih layak pakai) karena baru mulai, belum berani beli yg baru ( takut salah beli). Baitcasting Rod 165 cm (single Hand) & 2 Reels serta beberapa lure. Beberapa kali saya coba mancing seringnya benangnya kusut terus di reel nya :oops: jadi malu. Ada saran enggak dari seniors semua. Apa harus ganti spinning aje biar gampang tetapi udeh beli sayangkan. Sekali lagi salam kenal dan makasih atas pencerahannya.

Wassalam.

Sportfisherman
21-09-2005, 21:38
:-D

Susah belajar dari forum , harus langsung praktek ! Rod n reel nya pun harus " balanced " kalau mau optimum hasil nya . :x

Reel harus di-adjust setiap ganti lure sehingga waktu release knob ditekan , lure harus jatuh tapi tidak " free fall " , spool brake harus
berfungsi . :o

Cara casting nyapun lain dari type spinning , lebih menggunakan pergelangan tangan daripada seluruh lengan . :(

Setelah casting , waktu lure hampir jatuh kepermukaan air , jempol kita sudah menempel benang untuk men-stop putaran spool , jadi mata jangan melirik kemana mana , full concentration . :-)

Kalau mau nanti latihan casting sama sama dech , ajak tuh Site Administrator kita , dia juga punya baitcasting outfit . :lol:

Jon . 8)

AngleRboY
21-09-2005, 22:03
Mas/Om Ahmad,
selamat bergabung di FF yah.. 8)
ceritakan donk beberapa pengalaman mancingnya.. :D

lg demen sama surfcasting yah? boleh nih kita bertukar pikiran ttg surfcasting.. :D

kalau mau belajar baitcasting, bener tuh kata pak Jon, mending praktek langsung.. latihan sama2 gitu deh.. kan practice makes perfect :wink:

Sportfisherman
21-09-2005, 22:25
:-D

Rasanya bukan surfcasting dech , soalnya rod nya hanya 165 cm. , jadi single handed baitcasting outfit . :wink:

Jon . 8)

Chichi
22-09-2005, 22:30
Assalammu alaikum.

Terima kasih Pak Jon sama Bang Ary, forum ini responnya cepat banget yach, jadi betah nih ... :lol: benar juga yach harus sering 2x mancing jadi cepat bisa.
Mr.Jon wrote:
Kalau mau nanti latihan casting sama sama dech , ajak tuh Site Administrator kita , dia juga punya baitcasting outfit .

Rasanya bukan surfcasting dech , soalnya rod nya hanya 165 cm. , jadi single handed baitcasting outfit .

wah kalo ada kesempatan mo banget Pak Jon.

Mungkin juga, saya sendiri kurang ngerti, maklum pemula.

Mr. Ary wrote :
selamat bergabung di FF yah..
ceritakan donk beberapa pengalaman mancingnya..

lg demen sama surfcasting yah? boleh nih kita bertukar pikiran ttg surfcasting..

kalau mau belajar baitcasting, bener tuh kata pak Jon, mending praktek langsung.. latihan sama2 gitu deh.. kan practice makes perfect



Makasich Bang Ary sambutannye hanget banget. :smt054

Wah kalo pengalaman mungkin belum pantas diceritain, nanti ajalah.

Iya lagi belajar surfcasting.

Kalo ada waktu mau lah.

Sekali lagi terima kasih rekan 2x semua utk infonya. :D

AngleRboY
22-09-2005, 23:46
Mas/Om Ahmad..
kalo anda mau belajar baitcasting, bisa dengan masternya.. --> pak Jon :D

kalo mau belajar surfcasting (joran yg panjang nya kira2 4 meteran), bisa bertukar pengalaman dengan saya :D (bukan mau sombong lho yah.. saya cuma ingin membantu aja :wink: )

nOtHiNG_eSCaPeS
28-10-2005, 05:19
hihihihi,

baitcasting wah itu saya suka man.pokoknya yang bebau baitcaster / baitcasting saya suka.hahaha. oh yah kalo boleh tau bang ahmad, pake reel dan rod apa?

Chichi
28-10-2005, 20:48
Salam kenal nOtHiNG_eSCaPeS.

nOtHiNG_eSCaPeS menulis :

baitcasting wah itu saya suka man.pokoknya yang bebau baitcaster / baitcasting saya suka.hahaha. oh yah kalo boleh tau bang ahmad, pake reel dan rod apa?

kalau joranya single handed casting rod mereknya saya enggak tahu saya belinya bekas enggak ada tulisan makernya. Reelnya Daiwa Triforce seri dan Bass Hunter, Tapi sekarang lagi cari lure casting rod yg utk spinning reel mo coba mancing dilaut . Habis pake baitreel enggak bisa lempar jauh (enggak tahu tehniknya sih :oops: ) maunya sih rods yg panjangnya antara 2 - 3 m dananya maxs 500.000. kalo reel spinning nya udah ada, kalo ada saran joran yg sesuai mohon infonya yach, nOtHiNG_eSCaPeS. Oh ya kalo lure yg cocok dilaut warna / bentuknya seperti apa ? karena dekat rumah ada beberapa toko pancing yg koleksinya lurenya banyak keren 2x lagi, sampai bingung pilih yg mana. OK deh aku tunggu infonya.

Jamal
19-11-2005, 19:35
salam, kalau nak bait casting tanpa kusut. jenis joran dan berapa panjang nya, jenis reel, jenis line dan cara casting nya. semua nya mesti ada imbang nya. bila ini semua sudah match. baru bila kamu cast after cast tak akan kusut. ini mendapat Jamal sesudah 5 tahun pratice casting. :-)

benaol-chaser
30-12-2005, 15:18
Dear Kawan

Saya punya Penn International 975, belum pernah dipakai. Kayaknyan sih bagus, cuma saya awam banget dengan bait casting. Sebenarnya bagus gak sih? Kalau ada yang tahu (Pak Adrianus dan lain), rationya berapa, ball bearing dan sebagainya, saya mohon dijelaskan. Apakah ril ini perlu joran khusus yang ada pentilnya itu? Tolong deh Pak dijelasan soal seluk-beluk menggunakan barang yang satu ini-- jangan sampai jadi berhala yang setiap jumat kliwon harus dimandiin dengan tujuh kembang dan dibakar menyan. Kalau udah begitu, guuaaawat deh.

Sportfisherman
31-12-2005, 11:24
:-D

Penn IC975 tuh di design untuk penggunaan dgn mono-filament sedangkan trend terakhir , semuanya menggunakan PE line jadi memang tidak ideal untuk baitcasting dgn rod pendek , tapi untuk rod panjang mungkin cukup baik . Saya sendiri lebih men-khusus-kan diri dgn freshwater baitcasting , jadi rod nya mulai dari 5'6" - 6'6" dan reel nya
# 100 dan # 200 dari Shimano range . :o

Saya masih menggunakan " round " baitcaster reel tapi sudah mulai melirik " low profile " baitcaster reel , hanya nunggu yang cocok nih , moga moga tahun 2006 akan keluar low profile reel yang saya minati . :?

Umumnya untuk one handed baitcasting outfit , cari reel yang narrow
spool dan untuk di laut dari kapal , mungkin lebih cocok # 300 dan #400 sedangkan #700 model lama lebih cocok untuk surf casting , ini menurut saya lho . TE700 malah sudah jadi narrow spool , sangat disukai di PNG untuk targetting Papuan Black Bass dgn benang PE5 keatas . :!:

Baitcasting rod saya semuanya G Loomis yang menurut saya adalah produsen casting rod terbaik dan sudah menjadi milik Shimano sejak beberapa tahun y.l. , jadi jangan kaget kalau Lesath n Shaula range
dari Shimano tuh sebenarnya menggunakan G Loomis technology . ;-)

Jon . 8)

benaol-chaser
11-01-2006, 13:33
wah, penjelasan bapak detil banget. Unfortunately, saya kagak ngarti. Soalnya, aya awam dengan masalah baitcasting. Tapi, terimakasih banyak.