PDA

View Full Version : grease buat reel



nedy
30-08-2007, 22:43
saya mau nanya neh.bagian apa aja yah yg musti dikasih minyak greese/minyak gemuk khusus reel dan bagian yg cuman harus diolesi oli buat reel.bingung bgt.soalnya bagiannya banyak.mohon pencerahannya temen2.baru pemula.harap senior2 membantu.kalo bisa gmbr bagian2 yg harus diolesin greese dan bagian2 yg harus cuman diolesin oli khusus reel.ngo2 merek apa yah greese n oli buat reel??apa di ace hardware ada yg jual ?mohon bantuannya yah
thanks

Oka_1010
30-08-2007, 23:50
pak kalo menurut saya yang harus diberi greese yaitu pada bagian gear&bearingnya. saya biasa memakai 2 cara yaitu dikasih oli mesin ato bearing greese merk kyodoyushi.
saran saya sih pake greese aja,
enaknya pake greese kyodoyushi ngak lengket trus licin.
kalo oli untuk cepet aja hehehehehe;)

monyet
31-08-2007, 09:31
Grease intead of greese.....
Kalo menurut pengalaman sayah : yang paling bagus merk PENN, bisa buat semua fungsi di reel. Lebih baik drpd merk Daiwa ato Relix.
Hari hati kalo pake 'automotive grease / oil' soalnyah fungsi dan sistem kerjanya bisa beda sama reel. Contoh : Kalo pake chassis grease di worm gear (gigi cacing) maka 'one way mechanism' pada roller bearing bisa terganggu.
Lalu, kalo di otomotif kan putarannya (rpm - revolution per minute) tinggi, sedangkan di reel kan gak setinggi itu. Makanya specnya beda. Kalo gw mah maen safe ajah, untuk yg heavy duty pake PENN, sedangkan yang gak gitu kerja keras kasih yg murahan ajah.

fishy
31-08-2007, 12:24
Kalo menurut gw sih yg terbaik Reel-X

nedy
31-08-2007, 19:51
kalo merek penn n reel-x belinya di mana yah pak??

Team MERCUSUAR
31-08-2007, 20:14
kalo merek penn n reel-x belinya di mana yah pak??



kalo bisa ada gambarnya atau sketanya dong..
soalnya kemarin waktu saya bongkar reel, saya campur greese sama oli jadi ngiler... kemana-mana..

kelai
31-08-2007, 20:31
yang jelas menurut sy pak kalau greese pakai yang bagus saja kulalitasnya tidak usah merek shimano atau dll masalahnya mana ada shimano, daiwa ..ect bikin greese sendiri paling paling mereka order juga dari pabrik greese yang sudah paten dan dikasih nama mereka sendiri.


salam




welie

nedy
31-08-2007, 21:29
bener juga seh.mana mungkin daiwa bela2 in bikin sendiri.
ok deh thanks informasinya temen2
salam mancing abis2 an hahha

monyet
03-09-2007, 08:22
kalo merek penn n reel-x belinya di mana yah pak??>> nedy

Nyang sayah tahu : kalo Relix di Dupan, Penn di Kartini.

Eamang seh, gak ada tuch perusahaan fishing gear nyang bikin grease sendiri (mereka bukan oil refinery) - tapi yg penting adalah spesifikasi dan standar mutu yang mereka terapkan.

Pengalaman sayah : kalo mau mu-mer : pake gemuk dalemannya gardan + campur pake oli mesin, aduk ampe rata. Good quality dan sudah well proven.

fishy
03-09-2007, 20:43
bukan relix tapi reel-x. ini grease khusus untuk reel, sayang sekali gak ada yang jual disini, belinya mesti di Singapura

Oka_1010
03-09-2007, 20:51
disini susah bos mau cari greese khusus, jadi mau ngak mau alternatif aja hehehehe
pas ke jakarta baru belanja, disini pernah saya tanya tokonya malah binggung sendiri. orang jambi ngak tau cara mancing, yang jelas reel dikunci mati tarik terus.................
jadi harp maklum mau belanja mau ngak mau saya ke jakarta kalo ngak pake bearing greese untuk alternatifnya

nedy
03-09-2007, 20:52
kemaren hari minggu ke artha gading saya cari yg merek reel x di ace hardware.udah satu2 gua liatin.ternyata gak ada temen2.jadi percuma aja ke situ.tanya sama petugasnya juga mereka bilang gak pernah masukin.alhasil saya beli merek cyclo white grease
yg botolnya hijau.tipe heavy duty.tutupnya ijo kaleng nya juga warna ijo.saya liat di belakangnya ada seh kegunaanya buat reel.ada tulisan buat keperluan marine.ada yg pernah pake gak?bagi2 pendapat donk

irlan
04-09-2007, 07:04
Pengalaman sayah : kalo mau mu-mer : pake gemuk dalemannya gardan + campur pake oli mesin, aduk ampe rata. Good quality dan sudah well proven.

Sama donk om...eike pakai gemu gardan Top1 dan oli...Motul...hehheeh

Hasilnya ntu reel kalau digulung ngacir....sangking ngacirnya ampe2 sering kagak dapat ikan...

Salam,

irlan
04-09-2007, 07:08
bukan relix tapi reel-x. ini grease khusus untuk reel, sayang sekali gak ada yang jual disini, belinya mesti di Singapura

Wow....disingapura....kira2 harganya berapa tuch mas..dan terdiri dari berapa ukuran (kecil,sedang n besar)...

Salam,

william
04-09-2007, 07:59
pake relix murah tuh cuma 10rb aneka ragan ada jual kok,,,
kalo shimano 100an tuh
kalo pake alatalat berat punya gresee boleh cari yang warna cream susu seperti selai srikaya,,,, bagus saya pake dah lama masi ok ok aja...
agak mahal minta kawan beli di pabrik kulit jemb gambang jemb2 gratis hehehehehe

monyet
04-09-2007, 08:28
Kalo merk Relix itu merk lokal, tapi kayaknya mah mutunyah lumayan bagus. Kalo PENN terakhir beli di Anyan 20rebong.

saya beli merek cyclo white grease yg botolnya hijau.tipe heavy duty.tutupnya ijo kaleng nya juga warna ijo>> Nedy
Gemuk tipe ini kalo gak salah mah 'lithium based' - coba lihat di bagian 'ingredients'. Kelemahannya : waktu disemprotin suka muncrat kemana - mana (terlalu encer + kena burst dari kaleng), tapi sebentar kemudian jadi terlalu 'sticky' dan kurang bersifat 'lubricating'. Kalo menurut pengalaman sayah, tipe white grease ini lebih cocok buat 'protective coating' dan 'low friction' moving parts. Sifatnya lebih general, sedangkan untuk reel akan lebih baik pake yang lebih 'specific'.
But it was only my opinion.....

Reel trolling (Penn senator 115) sayah pernah dihajar sama yellow fin tuna lumayan gede (sekitar 20 kg an) sampe tuch reel jadi panas, lalu kena juga GT di atas 40kg. Pulangnyah sayah bingkar, ternyata greasenyah masih okeh dan working well pula. Buat daleman sayah pake PENN.

nedy
04-09-2007, 19:35
tipe white grease ini lebih cocok buat 'protective coating' dan 'low friction' moving parts.=>ferry

yg dimaksud sama protective coating dan low friction apa yah pak ferry?krg ngerti bener.jadi kalo buat gear dan bearing lebih baik pake yg bersifat gemuk yah??duhhhh:confused: jadi bingung gua.ternyata ngerawat reel kok susah juga yah.wah kalo beli reel mahal bisa ekstra hati2 neh dalam milih grease.salah dikit bisa sakit hati

monyet
05-09-2007, 08:02
Contoh penggunaan protective coating & low friction adalah pada : mekanisme per pembalik di engsel jok mobil, rel pintu geser, konci gembok, dsb.

Untuk gear dan bearing gemuknya beda juga seh.

Biasanya bearing minta yg lebih kental. Sedangkan untuk gear biasanya yg lbh encer drpd gemuk. Biasanya untuk gear mah pake 'thick oil' - contoh oli garda, (SAE 90 ke atas).

Untuk bearing juga pelumasnya berbeda, tergantung dai jenis bearingnyah : ball bearing, needle bearing, conical, tapper ball bearing, sealed ball bearing, self lubricating, dsb. masing - masing membutuhkan penanganan yang berbeda. Kalo di reel, umumnya pake ball bearing ato sealed ball bearing.

Paling gampang : ikutin ajah buku petunjuk (user manualnyah)....... selamat ngemontir ria...