PDA

View Full Version : Tapah (wallago leerii)



zith
24-10-2004, 15:54
Salam,
Saya yazith, di lampung.
mohon tips and trik untuk tapah (wallago leerii). karena baru saja dan pertama kali saya angkat tapah, 43 Kg. di sungai Way Umpu menggunakan tajur tradisional. dari strike sampai terangkat ke perahu memerlukan waktu 18 jam. seperti menarik kerbau gila!!!. Sensasi mancing terdahsyat yang pernah saya alami......

waktu itu saya menggunakan tajur tradisional. joran rangkap berupa 2 batang bambu ukuran sedang masing2 4 meter ditancapkan 1 meter ke tanah dengan kemiringan 45 derajat, umpan lele dumbo 1 kg, kedalaman 30 - 40 Cm dari permukaan.

Mohon masukan-saran-peralatan apa yang diperlukan, tips and trik

thanks

Kiki
25-10-2004, 01:21
Salam kenal juga Pak Yazith :-)

Ada fotonya ngga pak??? Diposting juga dong fotonya pak yazith...
Btw Ikan Tapah itu Belida ya Pak :? seperti apa yah narik ikan sebesar itu :shock:

yellowfin
25-10-2004, 09:43
BRAVO pak Zith :smt023

Wallago Leeri atau Wallago attu ? kalau di indonesia mungkin Wallago Attu, dan tahukah bapak?, kalau peralatannya sesuai regulasi IGFA, pak Zith bisa klaim rekor dunia tuh mengingat rekor untuk Wallago attu alias Helicopter Catfish alias Tapah; 18.6 kg / 41 lb 0 oz - di pancing di Khao Laem Dam, Sangklaburi, Thailand.

Tony :D

iim
25-10-2004, 18:18
Luar biasa....Pak Zith..
Sungainya letaknya di mana tuh...dan seberapa sering Anda mancing ikan wallago dan kuantitas dapatnya berapa, Pak?

zith
28-10-2004, 02:40
Thanks tuk semua respon

Lokasi sungai Umpu Kab Way kanan, Lampung. Baru pertama kali ini angkat tapah, tanpa perencanaan matang, tehnik tradisional, tanpa dokumentasi. Biasanya cuma mancing baung 2-4 Kg.

Wallago lerii bukan attu, di fishbase rekor yang pernah dilaporkan 96 Kg, thailand. Menurut penghuni tepian sungai ini rekor terberat 126 Kg. th 1999, kisaran berat 50 Kg tergolong biasa.

Tapah sering menampakkan diri antara jam 5-6 sore, saya pernah liat di dua lokasi berdekatan masing masing nongol 2 kali. rencananya turun setelah puasa, dgn persiapan tentu. mohon masukan.

yellowfin
28-10-2004, 08:35
:D

Pak Zith anda sangat beruntung masih bisa berdekatan dengan sungai yang alami dan menyimpan potensi ikan luar biasa seperti itu :) saya ingin sekali melihat tempat2 asli seperti yang bapak ceritakan, karena ditempat saya, satu-satunya rekor ikan sungai yang bisa dipecahkan adalah rekor terberat untuk ikan sapu-sapu (suckermouth) :cry:

Kalau tackle untuk pemecahan rekor mungkin, pak jon bisa lebih akurat.
Saya pernah melihat rekaman gambar perburuan Helicopter Catfish di Inggris oleh Kevin Maddock (carp angler juga nih) rangkaian pancingnya glosor biasa dengan satu kumis, kail ukuran 6/0 - 7/0 J-Hook, kenur kelas 10 kilo, riil Spinning Shimano kurang jelas serinya mirip Thunnus versi lama, joran Shimano desain khusus untuk casting, umpan Lintah 3 ditandem jadi satu 8)

Dapetnya wuhuuuu.. besuaaar sekali mungkin seperti punya pak Zith, oleh Kevin cuman ditimbang, foto kemudian di release kembali.

pak Jon help help nih ... pak Zith mau berburu rekor untuk freshwater, saya kurang tahu regulasinya :(

Regards - Tony

fishy
28-10-2004, 09:48
Kalau memang mau klaim rekor sebaiknya siapkan hal berikut:

- Timbangan yang sudah ditera, berikut fotokopi surat tera yg masih berlaku.
- measuring tape untuk mengukur panjang dan lingkar badan ikan.
- kamera, ikan harus difoto dari beberapa sudut, termasuk ketika diukur.
- Pastikan joran dan reel sesuai standar IGFA - umumnya sudah sesuai.
- Pastikan rangkaian tidak menyalahi standar IGFA
- Pastikan bahwa sejak strike sampai ikan diganco/diangkat tidak ada orang lain yang menyentuh bagian apapun dari joran/reel/kenur anda.

Soal teknik dan penggunaan peralatan, pertanyaannya apakah anda harus melemparkan umpan jauh (40m lebih) Jika ya, anda butuh joran yg panjang agar jarak lemparan bisa jauh. Mungkin Joran popping bisa dipertimbangkan. Jika tidak, joran yg pendek macam joran jigging rasanya lebih menguntungkan pada waktu fight dengan ikan. Saran saya gunakan joran jigging dengan reel overhead kecil yg berkemampuan tinggi dengan kenur braided 30-50 lbs. Mengapa overhead? Karena anda bisa menggunakan harness yg dapat banyak membantu pada waktu fight dengan ikan.