PDA

View Full Version : Ada yang tahu nama latin ikan ini ?



Kelabawgagak
06-10-2007, 10:53
Tadi pagi saya iseng selepas sahur mancing di tepi sungai kapuas yang ada di tengah kota pontianak.begitu matahari mulai menampakkan diri gak lama umpan roti+peanut butter saya di emut dgn ikan2 ini..tarikannya lumayan banget.
yang ingin saya tanyakan nama latin dari ketiga jenis ikan ini..?trus apa bisa di casting?trus pake lure apa kalo bisa? soalnya di lokasi tersebut banyak ikan yang melompat2 dengan interval yang sangat sering.udah pasti gemes dong...rasa tak berdaya karena tak punya pengetahuan yang cukup.jadi saya minta toloong banget dengan temen2 untuk kasih saya pencerahan...butuuuuh banget.
terima kasih...

candra
06-10-2007, 22:20
Pak, perkiraan saya yg di foto no2 itu di sini namanya ikan tawes (keperakan ) dan nilem (kehitaman). CMIIW;)
Foto no.1 saya masih ragu2

santana
07-10-2007, 13:02
Foto pertama kalo gak salah di lampung disebut ikan Sempadi (Osteochylus melanopleurus). Mancing dengan umpan singkong rebus parut campur roti di tambah bumbu kunyit dan bawang putih, Tarikan lumayan kuat, untuk konsumsi, hati2 duri halus!.
Foto kedua yang kehitaman adalah jenis Labeo, (Labeo chrysophekadion) belum pernah dapet kalo mancing, tapi pernah lihat yang jualan keliling depan rumah, sekilas mirip nilem tapi hitam, diatas mulut banyak bintil-bintil, sirip cenderung memanjang (Kumpay) .
yang putih keperakan kemungkinan keluarga tawes, di lampung disebut ikan Pepah (Puntioplites proctozysron), sering dapet kalo lagi mancing target Sempadi,
Sayang om Kelab (disingkat ya :p) tidak nulis nama lokalnya,
Kalo lihat banyak ikan lompat dalam interval sering , jangan2 ada predator tuh dibawahnya, coba saja di casting lure di atasnya atau live baiting, siapa tahu ada toman mega dibawahnya:smt120
Ada yang nambahin?

hampala
07-10-2007, 14:51
Yg labeo di toko ikan hias namanya black shark. Bibitnya 1 ekor 2500, bisa guede banget saya piara bs ampe sepanjang 50cm.

King Snake Head
07-10-2007, 20:36
kl di palangkaraya namanya ikan kelabau sejenis ikan mas sungai