PDA

View Full Version : Toman bikin heboh lagi di US



fishy
16-01-2006, 18:23
http://www.state.tn.us/twra/snakehead.html

Kayaknya sih sejenis Toman, tapi belangnya beda.

Sportfisherman
16-01-2006, 18:39
:-D

Nus ,

Kalau tidak salah itu species toman sub-tropic dari China n Japan , yang kita sering pancingin di Sangkhla Buri / Minburi tuh species tropical . :?

Jon . 8)

ichibahn
16-01-2006, 22:43
Tahun kemaren sampai di adain tournament untuk memberantas ikan ini.

Rewardnya lumayan gede. :-D

PopperZ
18-01-2006, 15:26
kenapa dibasmi om???

bukannya CnR aja...

:-D :-D :-D

Sportfisherman
22-01-2006, 15:12
:-D

Toman tuh bisa disebut Super Predator untuk species air tawar , di Jawa tidak ada toman tapi di Sumatra n Kalimantan banyak , sejenis gabus tapi lebih ganas dan bisa mencapai 10 kg atau lebih ( menurut cerita sih ) tapi believable ! :shock:

Saya tidak heran kalau toman sudah ada di situ / sungai / danuau di Jawa krn ikan juvanile nya ini banyak dijual di tempat tempat ikan hias , saya sendiri beli 50 ekor dan telah saya masuk-kan ke empang , mungkin dari 50 ekor tsb. , hanya 50% yang hidup dan yang lainnya mungkin sudah di dimangsa oleh toman yang lebih besar atau oleh beberapa gabus yang memang sudah dewasa di kolam saya tsb. . :?

Saya juga dengar toman sudah mencapai sungai di Papua , baik yang wilayah Indonesia dan PNG n akibatnya akan mempunahkan ikan lokal disana , kalau terlalu banyak populasi nya tetapi di Papua , ada saingannya yaitu Papuan Black Bass , Spotted Bass , Barramundi dan Buaya yang menjadi pemangsa timan , jadi akibatnya belum begitu terasa . :x

Yang terjadi di USA tuh juga begitu , toman dibuang ke danau / water system disana dan berkembang biak tidak ter kontrol dan karena tidak ada musuhnya dan manusia lah yang harus turun tangan , toman bisa menghabiskan populasi ikan local bila tidak ada yang memangsanya . :(

Mas Tony , kalau disini bagaimana ? Toman khan masih ikan nasional tapi bukan ikan Jawa kendati saudaranya gabus ? :twisted:

Jon . 8)