PDA

View Full Version : Entul : mengenali cara makan Nila yg halus



willy
03-02-2006, 19:29
:D Kesulitan memancing ikan Nila adalah mengenali cara makannya yang sangat halus, terutama untuk Nila Jumbo.

Cara makan Nila yang berukuran kecil sampai sedang biasanya masih gampang dikenali karena cenderung kasar, tetapi lain ceritanya jika Nila berukuran besar / jumbo ( Babon : istilah di Wadaslintang ). Ujung joran hanya bergerak sedikit, sulit membedakan jika cuaca berangin dan mata sudah capek mengawasi ujung joran seharian.

:-D Pemancing Wadaslintang menyiasatinya dengan memasang Entul di ujung joran, terbuat dari baja yang ditipiskan ( biasanya terbuat dari kawat Wiper mobil, paling bagus dari Bus Mercy - katanya ) dan ditambahkan memarit / kolongan yang terbuat dari kawat stainless.

8) Bagi yang berminat nggak usah repot-repot coba bikin sendiri seperti yang saya pernah coba, dengan kisaran harga 15.000 s/d 75.000 tergantung panjang dan kualitas.
Bisa menghubungi Sonny / Adi Wisaksono - Magelang 0293-325513 karena kebetulan saya sendiri juga beli dari toko pancing di Magelang.

:-D :-D :-D Bagaimana Mas Chandra, berani mencoba?

candra
03-02-2006, 20:44
Orang magelang unik juga idenya ya Pak Willy :-D idenya oke pak.
Saking tergila2nya barangkali dgn mancing ikan nila :D

Cara makan ikan nila jumbo memang cenderung pelit waktu makan umpan, jadinya kebanyakan pemancing lebih suka menggunakan pelampung untuk menagkap ikan ini.

Saya sendiri ngakalinnya dgn meraut lagi ujung joran setipis mungkin supaya ekstra sensitif untuk joran glosor, resikonya waktu mengajar ikan yg besar menjadi lebih lama.

Pak Kyai kemana aja ya? sudah lama ga pernah nongol di forum, masak sih masih sibuk "honey moon" :-D

Ngomong2 posting ini sepertinya lebih cocok ditempatkan di FishyWild Pak Willy :wink:

islah
19-04-2006, 19:16
Hallo abang-abang,
lebih lucu lagi kalau mancing ikan Nila ukuran jumbo ditangerang,kita biasanya memakai umpannya memakai stlye foam/gabus putih exs.electronic yang bisa kita ambil seukuran kacang tanah kemudian kita kaitkan dimata pancing dan tehnik mancing memakai pelampung ukuran panjang dan kalau bisa untuk mata umpanpancing kita rangkai untuk 2 mata kail dibawah. karena ikan ini galak sekali kalau ditempat/lobang ikan biasa dibermain maka dengan segera dia akan pindahkan mata kail kita ketempat lain dengan menggunakan mulutnya dan pelampung akan terlihat naik turun kemudian kita sentak joran kita. Jadi prinsipnya ini ikan yang ukuran besar maunya diboongin melulu, kalau ente penasaran boleh lihat para pemancing didaerah Cipondoh(Comp.P&K)yang sedang mancing dirawa. 8)