PDA

View Full Version : Yutuk ( Undur-undur laut ) umpan untuk Surf Fishing



willy
03-02-2006, 20:02
:-D Bagi pemancing yang pernah mencoba Surf Fishing di pesisir Selatan Jawa seperti Parangtritis, pastinya sudah pernah mencoba menggunakan binatang ini sebagai umpan.

Selain mudah didapat juga murah karena nggak perlu beli, umpan tinggal cari di lokasi.

candra
03-02-2006, 20:58
hmmm, binatangnya ada dalam pasir ya bung Willy,
di pantai Cirebon saya pernah lihat binatang mirip2 spt itu, hanya saja tidak dalam pasir, tapi bergerombol di batu2an/karang, larinya cepat dan gesit.

Mungkin bukan jenis yag bung Willy maksudkan digambar, tapi mirip2.

ichibahn
04-02-2006, 02:34
Itu yang namanya : Sand Flea
ini umpan paling cocok untuk Pompano / Permit.

willy
05-02-2006, 11:51
:-D Selain bagus untuk dijadikan umpan, Yutuk juga dapat dikonsumsi.

Terutama yang sedang berganti kulit, rasanya mirip seperti udang. Hanya kalau dikonsumsi dalam jumlah yg agak banyak, kepala akan terasa pusing.

8) Dibandingkan dengan udang mati, Yutuk lebih efektif dijadikan umpan baik dari pesisir atau pun mancing dasar dari karang.

Hanya saja memang sebelum memancing kita mesti menyediakan waktu 1 s/d 1,5 jam u mencari Yutuk, berbeda dengan udang mati yg setiap saat dapat dibeli di pasar/pelelangan ikan.
Atau bisa memesan pada warung yg ada di pesisir pantai u menghemat waktu.[/b]

AngleRboY
05-02-2006, 12:12
Mas Willy..
thx untuk infonya..
dulu saya mancing di pantai karang bolong ya pakai umpan yutuk ini.. beli di warung.. 1 plastik kecil harga Rp1000 :lol:

tp sayang.. waktu itu bukan musim ikan kali yah, jd ga dapat apa2 :cry:

mas Freddy..
ooh ini toh yg dinamakan "Sand Flea" itu..

kan di pantai selatan jawa ada yutuk.. di US sana jg ada Sand Flea..
kira2 di pantai Singapur ada gak yah.. :? :roll:

John
06-02-2006, 13:05
Salam kenal Mas Willy, betul tuh ikannya kalo disini namanya Pompano.Kalo di Parangtritis,biasanya ikan itu ukurannya kira kira berapa besar yah?Rangkaian pancingnya seperti apa yah kalo pake umpan yutuk itu?Seperti mancing dasarkah?Saya sangat tertarik untuk mancing ikan pompano karena dagingnya sangat eunnak.hahaha :lol: Jadi lapar dah.

willy
13-02-2006, 21:10
Salam kenal juga mas John.

:-D Jenis ikan ini ukurannya bisa mencapai 8-10 kg, kebanyakan antara 2-5 kg. Dengan badan lebar dan ekor menyerupai gunting ikan ini mampu memberikan perlawanan yg lumayan keras, hanya saja daya tahannya tidak sekuat GT.

:o Selain dipancing menggunakan umpan Yutuk, ikan ini juga sering kali dipancing menggunakan umpan "SAMPIR". Sejenis kerang hijau yang pada musim-musim tertentu ( biasanya musim kemarau / terang ) tumbuh pada pinggiran karang hanya saja warna tubuhnya coklat.

8) Memancing ikan ini dari atas karang relatif gampang-gampang susah, karena seringkali setelah memakan umpan. Ikan ini lari sepanjang tepian karang sehingga resiko kenur putus sangat besar.
Apabila arah larinya ketengah, tekanan drag diturunkan saja sehingga ikan bisa lari jauh. Sebab setelah berhenti, ikan ini tidak akan melarikan diri untuk kedua kalinya. Hampir mirip dengan pengajaran Barakuda / Alu-alu.

:o Mengenai rangkaian bisa dengan timah diatas atau dibawah, tetapi seringkali posisi timah diatas dengan panjang kumis antara 50 cm. Rangkaian ini mungkin berbeda dengan daerah Parangtritis atau pantai Bocor / Petanahan Kebumen.

AngleRboY
14-02-2006, 09:03
:-D
Hiihiihii..
iya, ini dia pantai nya..
wah gawat deh klo mancing dasar disana.. arus bawahnya gede banget! :shock:

John
16-02-2006, 12:28
Terima kasih Mas Willy atas informasinya.Mas Willy pernah mancing di daerah pantai Pangandaran ? Karena setau saya struktur daerah mancingnya hampir sama. Melihat kondisi pantai Karang Bolong,kalo dibangun pier atau jetti kelihatannya lebih asyik tuh.Ada yang berminat engga? Saya biasanya mancing ikan ini dari atas pier, pake jig utk mancing ikan ini,kenurnya pake yang tipis 4-6 lbs.Begitu disambar....Asyik banget...bisa melintir2 tuh :shock: Sampe puyeng tuh ikan. :lol: Mungkin nanti musim spring disini saya mao praktek nih pake Yutuk (Sand Flea),tapi nyari Live Yutuk agak susah keliatannya disini.Engga bisa sembarangan macul... bisa2 ditangkep Park Ranger tuh. :oops: Mungkin Mas Freddy (Ichiban)bisa bantu kasih informasi nih.