PDA

View Full Version : Crank on leaders / win on leaders



OKUMA
07-02-2006, 09:19
Rekanz....mau numpang tanya sama yang ahli neh :!: :!: :!:
Maklum gak ngerti sebagai pemula.
Saya punya reel trolling penn 114H star drag dengan mono 50 lbs 550 meter merk Navis. Selama ini kalau trolling menggunakan minnow pakai leader kawat sepanjang 1 meter dengan swivel lalu disambung ke mainline menggunakan Harrison's loop.
Yang saya ingin tanya :
1. Untuk double line idealnya panjang berapa meter dan mana yang lebih baik & mudah antara Plaiting double dgn Bimini Twist ?
2. Crank on leaders / wind on leaders !!! Berapa ukuran yang ideal jika pakai mainline mono 50 lbs dan trolling di sekitar binu ? apa crank on leader bisa diaplikasikan ke semua jenis umpan, misal : minnow, skirt atau umpan jahit ? atau cuma bisa untuk trolling skirt aja ?
3. Kalau gak pakai crank on leaders (lagi coba bikin sendiri tapi blm nemu yang jual braided dacronnya :( ) bisa gak langsung sambung mainline mono ke leader, misalnya menggunakan Albright knot atau pakai teknik joining lines yang lain ?
4. Minnow rapala uk CD 14 & CD 18 baiknya pakai leader kawat ukuran berapa lbs dan panjang berapa ?

Thank's and permisi ah.
----------------
8) omar 8)
----------------

Lodewijk
07-02-2006, 11:49
Selama ini kalau trolling menggunakan minnow pakai leader kawat sepanjang 1 meter dengan swivel lalu disambung ke mainline menggunakan Harrison's loop.
----------------

Maaf pak, saya kurang menangkap..... yg dimaksud pakai Harrison's loop itu dari kawat ke main line atau dari kawat ke minnow ? :? Kalau menurut saya dari mainline ke swivel cukup dengan uni knot atau centauri knot aja. Lalu kawat di crimp ke swivel (ball-bearing yg bagus...) dan ujung satunya di crimp ke peniti (cross-lock snap) untuk minnow-nya. Kecuali kalau pakai leader nylon baru saya pakai Harrison's loop langsung ke minnow-nya.

Untuk yg lainnya nanti pasti juga ada yg bisa menanggapi, pak. Kalau untuk urusan trolling, pak Admin tuh jagonya...... :wink:

Btw, kemarin saya troll di Flores dengan menggunakan wire leader 80lbs u/ Rapala CD14 masih bisa putus juga tuh.... :(

fishy
07-02-2006, 13:06
Wah, saya sih belum jadi ahli, tapi coba jawab deh.

1. Double line untuk 50 lbs kalau menurut regulasi max sekitar 9 meter. Idealnya? Jawabnya susah karena banyak faktor yang menentukan. Mulai ddari preferensi pribadi, area mancing, umpan yg digunakan, dan terutama panjang leader. Kalau leadernya sudah panjang, mungkin tidak perlu pakai double line lagi atau pakai saja semeter atau kurang. Tapi kalau leadernya pendek mungkin bisa menggunakan double line agak panjang. Bagus mana antara plait dengan bimini twist? Sekali lagi tergantung preferensi. Plait banyak digunakan di Australia, Bimini di Amerika. Kemampuannya rasanya setara.

2. Wind on leader, Terus terang saya gak pernah pake, ini bagiannya Pak Sulaeman dan Pak Santo di FORMASI, mereka suka pake wind on. Rasanya wind on bisa dipalai untuk semua umpan. Ukuran ideal untuk di binu? Sesuaikan dengan ukuran umpan anda. Leader yang besar dan panjang akan mengurangi action umpan.

3. bisa saja, saya sendiri kadang suka melakukan untuk kenur kecil.

4. Trolling rapala.... wah sudah lupa nih. Biasanya sih pakai cable leader sekitar 100 lbs 1,5 meter kalo gak salah. Apakah itu ideal? entahlah.

OKUMA
07-02-2006, 14:57
Thank's Pak Lod dan Pak Adrianus.

Buat pak Lod.
Saya bikin loop di mainline pakai Harrison's loop sebagai gantinya double line. Leader kawat pakai swivel (barrel bukan yang ball bearing) dan ujungnya pakai snap swivel, saya crimp pakai double barrel sleeve. Nah itu Harrison loopnya saya masukkan ke swivel seperti nyambung antara 2 loop.

Buat pak Adrianus...
Sebegitu lupanya pak sama trolling rapala. Udah keasyikan popping ya ? hehehehe. :lol: :lol:
Saya masih ada tuh email mailist MancingL sekitar tahun 2000an waktu pak Adrianus tag & release layaran pakai shimano TLD kelas kenur 16lbs kalau gak salah.
Waktu itu kan ceritanya seru banget.......eh sekarang udah lupa trolling rapala ! hehehehe.... :-)

Berarti panjang pendeknya leader dan besar kecilnya tergantung selera yah !! semakin besar dan panjang leader action lure semakin gak bagus. semakin pendek & kecil action lure semakin bagus dgn resiko semakin gampang putus.

Saya tertarik dgn Wind on leader karena sepertinya mempermudah kita menyambungkan antara mainline dengan leaders, cukup sambungkan loop bimini twist mainline dgn loopnya wind on leader. Dan juga gampang buat gonta-ganti ukuran leader / lure yang kita mau.


Thank's

--------
omar
--------

Lodewijk
07-02-2006, 17:45
:shock: Layaran dengan Rapala ? Berapa kilo tuh ? :shock:

:D
Pak Omar,
kalau saya lebih prefer pakai bimini twist atau kalau lagi mau cepat2 ya pakai spider hitch, lalu tetap uni knot dari double line ke swivel-nya. Karena yg saya takutkan itu sambungan hidup macam Harison loop dari main line ke swivel 'kan bisa kena 'gentak'2, takutnya mudah putus. Apa s/d skrg belum pernah putus 'kah ? :D

Tentang wind-on, memang kalau disini susah mencari dacron-nya.... Tapi saya pernah lihat di Bali, orang pakai kenur braid yg kelas besar 150-200lbs u/ digunakan assist hook-nya jig. Agar lebih kuat di double2 sampai 4X. Saya kira kok bisa 'tuh dicoba u/ wind-on leader, kalau takut licin, bisa direbus dulu agar lilin-nya hilang. Dan kalau di Bali, braid besar ini bisa beli meter-an.... :D

yellowfin
08-02-2006, 09:56
8) Pak Omar,

Sepertinya bapak berdomisili di Australia yah? kalo iya coba cari Knotted Dognya "Harrison" itu sama saja dg wind on leader, tinggal pasang praktis dan kuat, kalo bapak berdomisili di Jakarta, bapak bisa hubungi pak Tatang (beliau membuat wind on leader sendiri, dan cukup banyak sizenya; siapa tahu boleh dibeli). Menurut saya Rigging itu yang KISS (Keep It Simple Stupid) .. semakin neko2 semakin banyak titik lemah. Double Plait/Twist, logikanya lebih kuat dari Bimini Twist karena breaking strainnya jadi lipat dua kan pak?! tetapi berpulang juga ke teknik pembuatannya, walaupun hanya pakai uni knot tetapi kalo disimpulnya sempurna.. kuat juga narikin species besar (jigging rata2 pakai Uniknot kan? untuk sambung ke jignya)...

Sepertinya preferensi dan percaya diri lebih menentukan deh pak

Cheers - Tony

OKUMA
08-02-2006, 15:12
Pak Tony.
Domisili saya di Cinere.....sebelah mananya Australia ya ?? hehehe.
Jadi semua tergantung dari preferensi dan percaya diri kita masing2x.
Rencananya tanggal 25 - 26 February ini mau ke binu pakai KM ROBBY. Moga-moga sukses dan gak ada halangan.
Nanti saya coba salah satu dari Uni Knot, Spider Hitch. Untuk Knotted Dognya "Harrison" (belum pernah liat krn dibuku "FISHING KNOTS & RIGS" GEOFF WILSONS gak ada).
Thanks Pak Adri and Pak Lod

-------
OMAR
-------

Lodewijk
08-02-2006, 15:54
:shock: Apaan lagi tuh 'Knotted Dog' ? :?

Ternyata setelah survey sebentar di site-nya Harro, Knotted Dod adalah leader sudah jadi dan dibuat pakai mesin (fabricated), jadi tidak bisa dibuat sendiri pakai tangan atau pakai peralatan sederhana dan sepertinya dipakai untuk mainline braided/PE. Silahkan baca2 sendiri yg berminat.... http://www.ausfish.com.au/harro/knotteddogs.shtml

Sayang-nya tidak ada gambar-nya yah ? Penasaran kepingin tahu seperti apa bentuk-nya..... Mungkin takut di-'tembak', kali ! :-D Ada yg bisa bantu posting gambar-nya ? :?