PDA

View Full Version : BALANCE TACKLE



isnaeni
21-02-2006, 19:09
Dewan pakar dan rekans semua,

Mohon pencerahannya...... :-D
Selama ini yg saya pahami kalo misalnya punya joran kelas 10-20 Lb berarti kenurnya bs diisi 12 Lb dgn ril tipe 5000 misalnya....kalo joran tsb misalnya diisi kenur 8 Lb maka kmgkinan kenur akan gampang putus krn aksi joran 10-20 lb tidak "se-lunak" joran kelas 8 Lb.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Dari contoh di atas, apakah resikonya hanya kenur 8 Lb yg akan cpt putus?atau jangan-jangan ada resiko lbh parah jika UNbalance tackle spt di atas?
2. Di body ril selalu tertulis suggested line size utk ril tsb, misalnya tipe 5000 tertulis 10-240/12-195/14-165. Apakah kekuatan ril tsb mutlak minimal 10 Lb dan maksimal hanya 14 Lb?misalnya diisi 8 Lb atau 20 Lb apakah termasuk UNbalance tackle jg? :shock:

Demikian...mohon penjelasannya...mohon maaf byk nanya....terimakasih byk 8)

Lodewijk
21-02-2006, 20:25
:D
IMHO, untuk seperti contoh joran kelas 10-20lbs, kalau kita isi kenur 8 lbs malah tidak apa-apa. Yang harus kita waspadai yaitu kalau kita isi dengan kenur yg 'over' daripada yg dianjurkan. Misalnya kita isi dengan kenur 40 lbs...... dan yg memakai joran masih 'pemula' maka resiko jorpat akan tinggi. :-D

Demikian juga dengan reel, spesifikasi yg tertera pada reel adalah rekomendasi dari factory. Apabila kita isi kenur lebih besar dari kapasitas reel tsb. maka kemungkinan ada bagian2 tertentu yg akan mudah rusak/tidak tahan, seperti bail arm, worm-shaft, stem, bearing, etc. (tentu dengan asumsi tekanan drag disesuaikan dengan poundage kenur).

isnaeni
22-02-2006, 07:54
Om Lod, kl joran 10-20 Lb pake kenur 40 Lb maka joran akan gmpang patah dgn asumsi drag setting mengikuti ukuran kenur....tp kenapa kalo kenurnya 8 Lb malah gak masalah...bukankah jd gampang putus krn aksi joran 10-20 Lb tll "hard" utk 8 Lb?

Trus, kl ril diisi kenur lbh kecil dari rekomendasi factory berarti gak masalah ya?

Maaf kalo pertanyaanku gak bermutu :oops: ....mohon pencerahan dr dewan pakar dan rekans semua....thanx :-D

Lodewijk
22-02-2006, 08:59
:D
"....bukankah jd gampang putus krn aksi joran 10-20 Lb tll "hard" utk 8 Lb? "

Definisi 'hard' untuk joran bisa diartikan untuk 'daya angkat' (lifting/pulling power) dari joran itu sendiri yg bersumber dari 'backbone' joran. Biasanya oleh pabrikan di klasifikasikan mulai dari heavy s/d ultra light. Memang sebaiknya kita harus menyesuaikan kenur dengan apa yg dianjurkan/tertulis di jorannya. Tetapi itu bukan harga mati, saya biasanya mencoba sendiri/test langsung joran untuk 'merasakan' kekuatannya, dari situ kita bisa mengira2 mau pakai kenur berapa besar.
(siapa tahu orang yg memasang tulisan di joran lagi 'ngantuk'.... :-D )

Atau bisa juga 'hard' disini diartikan untuk aksi joran-nya (rod action), yg mana bisa 'fast, medium dan slow', atau bisa juga mulai dari yg extreme slow s/d ultra fast dan banyak sekali definisi diantaranya.....
Slow action untuk ikan2 yg 'makan'-nya 'lembut' dan biasanya juga dipakai mancing dengan menggunakan pelampung, sedang fast action dapat lebih memberikan 'tekanan' pada ikan atau umpan (jig).

Nah, saya pikir apabila kita mengurangi sedikit poundage kenur dari yg tertera pada joran (dari 10lbs ke 8lbs) tidak terlalu masalah. Kalau gampang putus,.......apakah anda memakai benang PE pada joran yg ring guide-nya bukan SIC ? Kalau iya, maka segera ganti semua ring guide-nya dengan SIC kalau anda sayang dengan joran tsb. atau beli joran baru lebih praktis .... :D

isnaeni
22-02-2006, 12:26
Thanx Om Lod....aku gak pake PE kok....cm pgn tau lbh dlm ttg balance tackle ini....katanya kl mau jd professional angler hrs balance tackle :-D

Mohon pak jon dan rekans lain jg bisa menambahkan penjelasannya....thanx