PDA

View Full Version : SALEM?????



ANAK LAUT
10-03-2006, 15:34
Salam persahabatan from junior...

Saya mendapatkan kesempatan emas untuk pergi mancing ke merak bersama teman lama.... targetnya ikan salem dan saya belum pernah mancing ikan salem.

Mohon bantuannya dong.... :lol:
Bagaimana teknik yang tepat untuk memancing ikan salem? dan bagaimana rangkaian serta ukuran mata kailnya??? Katanya teman saya dia telah menyiapkan umpan cumi dan rebon 15 Kg... (rebonnya banyak banget, buat digoreng kali ya, hihihihiiii.....)

Sebagai anggota forum ini kiranya saya berusaha untuk tidak tergantung pada peralatan orang lain .... (MANDIRI DONG YA..... )
Oleh karena itu MOHON PENCERAHANNYA.......

Sekian dan saya ucapkan terima kasih...

Salam,
Yantosu.

Lodewijk
13-03-2006, 10:01
:D
Pakai umpan jig aja......beberapa waktu yg lalu di Bali, A Cun juga pernah dapat salem sekitar 5kg dengan umpan JigAce 500gram.

ANAK LAUT
13-03-2006, 14:27
Saya telah coba tetapi kelihatan ikannya main agak keatas....
Apakah saya harus casting umpan jig nya agak jauh dan melakukan horisontal jigging Pak?

Pa'Lod, apakah juga popping dgn stickbait yang Bpk Report di F-Report bisa dipergunakan juga untuk mendapatkan salem dan cendro?
Apakah sama teknik popping dgn popper dan popping dgn stickbait Pak?

Mohon penjelasannya Pak .... terimakasih,


Salam
Yantosu.

Lodewijk
13-03-2006, 18:23
:D
saya kira bisa aja, karena salem termasuk ikan yg 'ganas' apalagi cendro...saya pernah lihat abk ngontrek ikan umpan malah dapat salem uk. 1 kiloan.

Teknik untuk memainkan popper dan stickbait secara umum berbeda. Walau bagaimanapun kembali lagi terserah pd anglernya....masih belum ada yg 'membakukan' tekniknya ! :-D

Kalau popper (khususnya type chugger) 'kan intinya harus bisa 'pop-pop-pop' di atas air. Seperti yg sdh bisa kita lihat caranya di banyak vcd mancing....(e.g Sirip). Kalau type stickbait Miss Carna yg kemarin saya pakai, tekniknya 'walk the dog'....stickbait-nya bergerak 'skipping' di atas air, kadang meluncur, menyelam dan meloncat-loncat ! :shock: :-D Nah,...kalau sudah begini 'kan mirip sekali dengan ikan umpan yg lagi sekarat/ketakutan......ikan predator kalau melihat ini pasti deh gak akan tahan ! :-D

Selain itu, IMO yg penting juga kita mesti improvisasi 'ritme'-nya, dari pelan s/d cepat....harus dicoba sampai kita bisa menemukan ritme yg pas buat 'mood' ikan pada saat itu. :roll:

Selamat mencoba ! 8)

ANAK LAUT
14-03-2006, 16:05
Sebagai pemula, masukan dari Pak Lode sangat berarti ...
Thank You Pak.

Tentu akan saya implementasikan dalam dunia persilatan dengan ikan.

Dan saya barusan ke toko pancing yang cukup terkenal di Jakarta Barat dan mereka tidak tahu Stickbait dan saya jelaskan seperti Pic di F-Report Pak Lode.... akhirnya saya dikasih Rapala Magnum SINKING PLONGEANT 7cm 12gr dan Hirara Lure Floating 10cm 18 gr. TAPI saya ragu Pak melihat beratnya hanya 12 gr dan 18 gr, Apakah bisa saya casting jauh?? Trus apakah type yang diberikan ke saya itu betul type stickbait??

Mudah-mudahan Pak Lode masih mau membantu saya ... :D :D ....


TQ Pak... GBU
Yantosu