PDA

View Full Version : Waduk Gajah Mungkur



M-BEI
03-04-2006, 10:37
Saya hari Selasa, tanggal 28 Maret 2006 berkunjung ke WOnogiri dan tidak lupa tanya info mengenai mancing di Gajah Mungkur. Ternyata sekarang ini, mancing lagi banyak-banyaknya ikan. Bahkan saking banyaknya ikan, ikan sebesar telapak tangan orang dewasa ajah gak mau dan di lepas lagi untuk mencari yang lebih besar, terutama ikan nila. Saya melihat, ada juga angler yang pake joran tegeg modern yang panjangnya 7 meter dan tidak sedikit pula angler yang mancing sambil berendem sampai lutut (kalau ini saya tindak menyarankan kalau tidak terbiasa). Dan om saya pun sambil nungguin anaknya sekolah sambil mancing, pulang bawa juga ikan. Pokoknya dengan adanya masukan dan informasi kemaren semakin memberi semangat lebih untuk mencicipi dengan judul "SATU MINGGU BERBURU IKAN DI WADUK GAJAH MUNGKUR" (Insya Allah).

Ayo siapa ikut!
Rencana mancing 22 Juli s.d. 28 Juli 2006. Kalau sempet tanggal 17 Juli pengen mencicipi ke daerah Kebuman. Minta masukan dong, kalau mancing karang tackle-nya apa?

trims

AngleRboY
04-04-2006, 17:16
:shock:
mancing 1 minggu?? :-D
ya udh, tak tunggu report nya deh :D

maaf, mancing karang maksudnya apa yah? dr pinggir pantai dengan dasar karang? mancing pakai perahu dengan dasar karang? atau.. ?
rencananya mancing di kebumen daerah mana nih?

M-BEI
05-04-2006, 08:34
Mancing dari karang loh mas Ary maksudnya. Kemungkinan sekitaran pantai ayah dan kebumen, lha wong belum kebayang medannya. Cuma kalau denger2 dan lihat hasil para expert kok jadi ngiler, tapi ya itu tadi pengetahuan masih nol mas Ary. Kebetulan dari rumah istri nggak jauh sih katanya lagi loh.

Thanks loh para expert kalau mau bagi ilmunya.

AngleRboY
05-04-2006, 09:00
:D

Ooh daerah sana toh..
itu sih sudah dekat sekali ke Menganti.
setau saya sih kalau mancing dari karang/rock casting, kebanyakan anglers disana memakai surf fishing gear. Joran panjang (kira2 3-4m) dan reel cukup besar. tekniknya bisa mancing dasar.. dan bisa juga popping..

mungkin pak/mas Bei bisa browse di topik2 mengenai Menganti..
saya jg pernah bikin report ttg Menganti lho :D

http://www.fishyforum.com/component/option,com_forum/Itemid,40/page,viewtopic/t,1029/

nih coba liat gambar2 yg ada di link ini.. dijamin ngiler deh!! :P :-D
http://www.fishyforum.com/component/option,com_forum/Itemid,40/page,viewtopic/t,240/

Semoga membantu :wink:

M-BEI
05-04-2006, 11:11
Justru karena lihat pictnya di forum ini jadi ngiler mas Ary, mudah2an masih kebagian waktu ya! kalo mancing dasar yang top umpannya apa, dan ikan apa saja yang ada.

Thanks lo.

AngleRboY
06-04-2006, 15:33
Hohohoo.. ngiler jg toh panjenengan :-D

Utk umpannya.. pakai YUTUK aja.. tau toh?

ikannya ada Pompano (Mamung/Bayat), Giant Trevally (Pokan), Threadfin salmon (kuro), dll..

jgn lupa CR yach!! :lol:

candra
07-04-2006, 08:37
Ayo siapa ikut!
Rencana mancing 22 Juli s.d. 28 Juli 2006. Kalau sempet tanggal 17 Juli pengen mencicipi ke daerah Kebuman. Minta masukan dong, kalau mancing karang tackle-nya apa?

trims
:shock:
Mas Bei, mao mancing apa mo alih profesi jadi nelayan :-D , sory becanda ya mas :-D

M-BEI
07-04-2006, 08:55
Mas chandra, kalau jadi nelayan per daynya dapat 5 jt saya mau, itung2 nyalurin hobi tapi dapet duwit. Lha saya tuh kalau gak pegang joran gatel je, nah kalu udah ngebet banget... malem2 pun ikut ke kolam, kebetulan deket rumah ada kolam pancingan..... tapi acara khusus sabtu minggu selalu..... nah, kalau temen2 FF ada yang action di GM wah boleh deh gabung! apalagi di GM ada restoran ikan bakar yang top markotop, namanya ikan bakar pak glinding, sow... kalau sabtu or minggu banyak mania dari Solo, Jogja, semarang, etc. yang nyamperin, 50 rb puasssssss.

M-BEI
07-04-2006, 09:13
Sekedar info buat temen2 yang suka traveling. Kalau sudah sampai ke solo jangan lupa mancing di waduk GM dan makan ikan Bakar Pak Glinding, letaknya tidak jauh dari Keramba atau Kawasan wisata Sendang, GM. Saya beberapa tahun yang lalu pas lebaran ke-3 pengalaman makan di Pak Glinding dengan menu ikan bakar 4,5 kg ikan nila, bakso satu mangkok, juice jeruk 9 gelas, nasi 2 bakul, sambel seambrek, lalapan segudang cuma habis Rp.54.000,- (lima puluh empat ribu perak). Apalagi perjalanan dari Solo cuma ±1 jam dan di GM ada tempat untuk olahraga digantara (gantole) yang ngetop yang terletak wisata Sendang, pokoknya untuk outdoor gak kecewa deh.

candra
08-04-2006, 09:36
sayang Mas Bei, saya kebentur masalah waktu, kalo ga pengennya sih ikut deh ngejajal mancing di gajahmungkur :cry:

Btw bgmn dgn kondisi air di waduk gajahmungkur?
Seperti anda ketahui kondisi air di waduk2 jabar rata2 tingkat polusinya cukup tinggi, dan di jatiluhur sekarang2 ini sdg mengalami algae blooming, jadi kurang ideal untuk mancing ikan, bbrpa hari lalu terjadi lagi kematian ikan2 di keramba, akibat sering hujan.

M-BEI
11-04-2006, 08:17
Setelah Cirata banyak ikan meninggal dunia pada bulan2 Desember kalau tidak salah. Ikan ditaksir sektar 300 ton? dan minggu kemaren juga terjadi lagi, kasian juga para petani keramba dan berujung ke mata rantai, seperti pengelola kolam pancing dan yang terakhir ya para pencinta mancing empang. Saya juga sangat prihatin sekali mas Candra. Kalau untuk waduk GM sedimentasi lumpur meningkat, tapi sekitar dua tahun yang lalu sudah di keruk, dan kalau tidak salah bantuan dari Jepang. Untuk saat ini ikan di sana melimpah ruah, karena di sana tidak ada industri kimia yang akan mempengaruhi kualitas air seperti disini. Aliran Bengawan Solo mulai terkena limbah mulai di sekitar kota Solo terus sampai jawa timur.

Demikian laporan kami sementara, lansung dari WGM.

isnaeni
12-04-2006, 07:59
Mas Bei, jangan sampe lupa report dan foto-nya ya....biar kita jg pada napsu ke Gadjah Mungkur :-D

Thanx 8)