PDA

View Full Version : PANCING CUMI FROM TUBAN CITY



metzad
05-04-2006, 18:32
Kemarin saya pernah baca posting dari Oom IIM, sewaktu trip ada cumi yang ngga mau makan / tertarik sama udang-udangan ya ???

Kalo di daerah sini, kalau ada cumi yang ngga mau makan, kita pake cara pancing "SENGGET" ( sama wae GARONG / JANGKAR ). Tapi bedanya mata pancing (uk 14-15/nelayan) ada 8-10 ea & di buat agak "njengat"/agak keluar sedikit. Timah pemberat (Cor Sendiri) dipasang terbalik (alasannya supaya cepat turun mencapai sasaran) & di lapisi dengan SEAL TAPE/selotip PVC warna putih.

Penggunaannya mungkin sama dengan kita mancing baronang ( Tanya Mas Ary, Om Johan & Om Hamzah yang biasa m'baronang :-D :-D :-D ), cuma bedanya kadang2 harus sering mainkan stick/line kita dengan gerakan naik turun, itu kalau si cumi ada di bawah kita.
kalau si cumi ada dipemukaan kita harus main lempar & sentak aja di mana ada si cumi tersebut

Mudah2an trick ini bermanfaat (Tujuannya bukan untuk jadi NELAYAN lhoo...tapi biar nggak STREESS kalo ada si CUMI yang ngga mau makan :-D :-D , coba pakailah trick ini )

NB : Timah pemberat di bentuk "KERUCUT

To Admin, Nggak apa-apa yaa...rubrik cumi/squid di tempatkan disini ???

M-BEI
06-04-2006, 08:54
Wah tipsnya kapan2 layak untuk di coba tu mas Slamet! Sudah terbukti kan?

metzad
06-04-2006, 11:37
Silakan dicoba !!!. Dan saya sarankan pakai kail yang gak kecil & sesuaikan dengan timah pemberatnya. Jangan lupa seal tape harus rata menutupi timah sampai ujungnya.

NB : Cara ini biasanya kami lakukan dari atas dermaga pelabuhan & dari atas perahu, kalau mancing sambil ngoyor terus terang belum kami lakukan.
Info ini saya tampilkan berhubung kemarin sempat baca posting report Om IIM sewaktu trip , dia diatas perahu tapi ngga bisa mancing cumi (pake udang2an) & diserok juga nggak sampai tuch seroknya (kacian dech :-D :-D ).



Wah tipsnya kapan2 layak untuk di coba tu mas Slamet! Sudah terbukti kan