PDA

View Full Version : Umpan mancing dengan kelapa sawit



Yono
06-04-2006, 11:33
Saya sering baca mengenai umpan mancing pake kelapa sawit di forum mancingnya malaysia. Bisa nggak ya umpan ini dipakai di sungai sungai di indonesia ? ikan asal indonesia apa aja yang hobby melahap umpan ini? terus yang dipake umpan isi buah kelapa sawitnya atau tapas kelapa sawitnya ?....
Oh ya.... saya baru bergabung di forum ini, mudah-mudahan gak ada yang ketawa baca pertanyaan saya .........
Thx before !! :lol:

Sportfisherman
06-04-2006, 12:23
:-D

Dari teman saya di Kalimantan , ikan JELAWAT . Info nya sih kelapa sawit nya dibakar dulu , baru lebih manjur . Saya sendiri belum pernah tapi kepingin , kalau ada yang mau jadi guide . :lol:

Jon . 8)

AngleRboY
06-04-2006, 15:23
Mas/Pak Yono..
Selamat bergabung di FishyForum :D

Semoga betah dan bisa menyumbang ide2, pikiran dan last but not least CR ! :-D

ceritakan donk pengalaman mancing mu :lol:

Pak Jon..
Ikan Jelawat tuh sejenis ikan apa yah?

tungky
08-04-2006, 12:51
tuk pak Jhon,

Salam kenal, sebulan yang lalu saya pergi ke Lampung, tepatnya di tengah perkebunan singkong dan tebu di sekitar Lampung Tengah. Kondisi alam, udara, and masyarakatnya is ok and friendly. Kebetulan saya ada acara di sekitar lokasi untuk memantau suatu program. Saya di ajak si empunya perkebunan untuk melihat daerah tersebut yang luasnya 200 hektar dan di tengahnya ada kolam air panjangnya sekitar 1 hektar. Dia cerita kalau kolam itu telah dia buat sekitar tahun 1996 dan diisi 99 jenis ikan air tawar, diantaranya jelawat. Saya terkagum dan terheran-heran melihat banyak sekali ikan tersebut berenang menghampiri kami dan sangat akrab dangan empunya. Dengan bermodalkan segengam biji karet si empunya menyebarkan ke kolam dan apa yang terlihat, mereka saling berhamburan dengan riuh dan menyambar biji karet tersebut dengan lahap. Suatu pemendangan yang belum pernah saya lihat dalam hidup saya, awesome & incredible. Akhirnya saya penasaran untuk mencoba memancing dengan pancingan, apa yang terjadi sangat mengagumkan umpan langsung dihajar dan dibawa lari sehingga benang saya putus. Saya coba menhajar kembali si jelawat dengan menggunakan umpan yang sama dan hasilnya saya mendapatkan strike dan mengalahkannya dengan berat sekitar 3 kio, hasil yang lumayan. Sekian dulu yach ceritanya, karna minggu depan rencananya saya and geng akan melakukan uji coba dengan umpan yang lain. thanks. Tungky

seabass
08-04-2006, 18:25
ikan jelawat itu ikan yang lagi puber kali :-D :-D :-D
jadi jelawat nya numbuh dimana mana :-D :-D :-D :-D









Brgds
Jimmy

Sportfisherman
18-04-2006, 14:07
:-D

Tungky ,

Wah , kapan bisa kesana ? Bisa arrange trip nya , saya minat tuh cobain lure fishing disana , CnR juga boleh selain kalau untuk dimakan . :-)

Jon . 8)

tungky
21-04-2006, 07:37
Dear Jon,

Saya baru saja pulang dari lokasi tanggal 16 April 06. Saya disana selama 2 hari dari tanggal 14 - 16 April 06 dengan hasil yang lumayan 9 jelawat hampir 2,5 kiloan per ekor dan belida and gurame. Ada beberapa masalah dengan kenur yang saya gunakan teryata satu putus dengan ukuran 14 lbs, saya perkirakan ukuran ikannya lebih dari 4 kilo karna tarikannya kencang sekali. Ada pendapat dari Jon untuk masalah ini, karna kita akan turun kembali pada bulan Agustus, mencari liburan yang agak panjang mengingat tugas di kantor sudah banyak.
thanks.
tungky

Sportfisherman
21-04-2006, 08:21
:-D

Putus nya dimana , kalau dibagian depan kemungkinan karena ada ikan yang bergigi tajam tetapi kalau di tengah tengah , kemungkinan yah karena kenurnya ada luka kena gesek-kan dan lain sebagainya . :?

Saya sih menggunakan PE line dgn fluorocarbon leader , so far so good dan reel nya bisa diisi cukup banyak , kalau pakai mono hanya sedikit isi nya . :o

Ada photonya tidak ? Posting dong . Saya setiap kali mancing pasti bawa digital camera . :P

Jon . 8)

hhockeyy
22-04-2006, 23:49
Saya sering baca mengenai umpan mancing pake kelapa sawit di forum mancingnya malaysia. Bisa nggak ya umpan ini dipakai di sungai sungai di indonesia ? ikan asal indonesia apa aja yang hobby melahap umpan ini? terus yang dipake umpan isi buah kelapa sawitnya atau tapas kelapa sawitnya ?....
Oh ya.... saya baru bergabung di forum ini, mudah-mudahan gak ada yang ketawa baca pertanyaan saya .........
Thx before !! :lol:Sebelum saya pindah ke Indonesia, saya sering mancing d sungei2 Malaysia di Taman Negara dan Kenyir Lake. Walaupun kita biasanya pake lures seperti spinners dan plugs untuk sebarau (hampal), toman dll, kita juga pake buah kelapa sawit untuk umpan. Caranya begitu: Kumpul sekitar 10-15kg buah sawit dan simpan di dalam karung sampe matang supaya empuk dan minyaknya gampang keluar.
Trus, ketika mau mancing, cari satu lubuk yang dalam tapi ada sedikit arus. Terus, go upstream of the lubuk and hancurin buah sawit tsb.
Then bait up and cast down into the lubuk. Kalo ada ikan, bisasany bisa pasti dapet.
Saya belum nyoba di Indonesia tapi kalo ada teman2 di forum ini yg pengen, please let me know.